Auxiliary Power Unit ( APU )
![]() |
APU |
APU ( Auxiliary Power Unit ) adalah sebuah perangkat pada
kendaraan yang menyediakan energi untuk fungsi lain selain propulsi. APU
biasanya ditemukan pada pesawat besar, serta kendaraan darat besar. APU
umumnya menghasilkan 115V pada 400 Hz, untuk menjalankan sistem listrik
pesawat, selain itu APU juga dapat menghasilkan 28V DC. APU dapat
memberikan listrik melalui sistem tunggal atau 3-fase.
Tujuan utama dari APU pesawat adalah untuk memberikan power untuk
starting engines utama pesawat. Jet engine yang lebih kecil biasanya di
start oleh sebuah motor listrik, sedangkan engine yang lebih besar
dimulai oleh motor turbin udara. Sebelum engine bergerak, APU
dijalankan, umumnya oleh baterai atau akumulator hidrolik. Setelah APU
bergerak, APU memberikan daya ( listrik, pneumatic, atau hidrolik,
tergantung pada desain ) untuk memulai engine pesawat.
Fungsi APU
Pada saat kondisi mesin mati, pesawat masih memerlukan pasokan listrik
untuk instrumen serta alat kelistrikan lainnya dan juga udara yang
bertekanan ( pneumatic ) yang disebut bleed air untuk menjalakan air
conditioning pack . APU inilah yang menggantikan mesin untuk menyediakan
listrik dan tenaga pneumatik.
Tenaga pneumatic yang dihasilkan APU juga dapat digunakan untuk
menyalakan mesin pesawat. Dengan cara meniupkan udara bertekanan ke
mesin turbine pesawat sehingga turbinenya berputar dan setelah
putarannya mencukupi, bahan bakar akan dimasukkan ke dalam ruang bakar
dan dibakar oleh igniter. Hasil pembakaran akan memutar turbine sampai
turbine memutar sendiri.
Tapi, pada pesawat tertentu seperti boeing 787, APU hanya memasok tenaga
listrik karena pendinginan udara kabin dilakukan oleh perangkat
pengatur suhu dengan tenaga listrik saja tanpa menggunakan pneumatic,
begitu pula engine start yang hanya menggunakan tenaga listrik untuk
memutar turbin.
APU usage
APU digunakan pada saat semua mesin dalam keadaan mati. Normalnya, APU
baru akan digunakan pada saat pesawat ingin disiapkan untuk terbang oleh
teknisi maupun penerbangnya. APU baru akan dimatikan saat engine sudah
menyala.
APU sections
Biasanya APU untuk mesin gas turbine mempunya 3 bagian utama :
- Power Section, section ini berisi generator mesin turbine yang menghasilkan tenaga shaft kepada APU.
- Load Compressor Section, bagian ini berisi shaft compressor yang terpasang yang berguna untuk mengahasilkan tenaga pneumatik untuk pesawat.
- Gearbox Section, gearbox berfungsi untuk menstransfer tenaga dari engine main shaft ke oil-colled generator untuk mendapatkan tenaga listrik. Didalam gearbox, tenaga juga ditransfer ke engien accessories seperti fuel control unit, lubrication module, dan cooling fan. Untuk tambahan, di gearbox juga ada starter motor yang dihubungkan melalui gear train untuk menggerakan fungsi starting pada APU.